Tips Cara Menaikan Limit Kartu Kredit Agar Disetujui

Bagaimana cara menaikan limit kartu kredit? Caranya sebenarnya cukup mudah, asal track record Anda bagus kemungkinan permohonan kenaikan limit kartu kredit Anda disetujui semakin besar. Kenapa?  Bank dan perusahaan penerbit kartu kredit tidak sembarangan dalam menyetujui permintaan kenaikan limit, mereka akan menganalisa bagaimana catatan keuangan Anda dan bagaimana track record Anda dalam menggunakan kartu kredit.

Sebelum Anda mengajukan kenaikan limit kartu kredit, Anda harus paham bahwa seiring dengan meningkatnya limit, daya beli Anda akan semakin meningkat. Effeknya risiko, utang, dan bunga pun makin besar.

Tips Cara Menaikan Limit Kartu Kredit

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakuan agar apply naik limit Anda disetujui:

1. Bayar Penuh dan Tepat Waktu

Segera bayar penuh tagihan kartu kredit Anda, jangan bayar minumum kalau mau limit naik. Telat membayar tagihan dapat merusak skor kartu kredit. Sekadar informasi, skor kredit adalah angka yang diberikan untuk setiap individual dan digunakan oleh para kreditur untuk menentukan kemampuan membayar. Semakin tinggi skor semakin kredibel Anda dan berlaku juga sebaliknya.

2. Gunakan Ditempat Berkelas

Jangan gunakan kartu kredit di tempat biasa dan dalam jumlah yang sama. Gunakan kartu kredit Anda di tempat-tempat yang berkelas seperti hotel bintang 5, kenapa? Bank akan mengangap Anda orang yang berduit jadi pantaslah naik limit 🙂

3. Pemakaian Ideal

Gunakan kartu Anda di atas 40%  dan bawah 60% untuk menunjukkan bahwa Anda mampu mengendalikan pengeluaran Anda dengan baik.

4. Jangan mengajukan kenaikan limit terlalu cepat

Pada umumnya bank akan menganalisa data kartu kredit secara otomatis setelah 6 bulan kartu kredit diterbitkan. Kalau mau apply Anda disetujui sebaiknya tunggu hingga setahun pemaikan sebelum mengajukan kenaikan limit.

5. Jangan menaikan limit dua kali lipat

Jangan pernah mengajukan kenaikan limit 2 kali lipat dari limit kartu Anda, kenapa? Karena bank akan menolak pengajuan kenaikan limit yang terlalu besar. Jika pengajuan limit ditolak, Anda harus menunggu hingga 3 bulan untuk mengajukan lagi. Agar pengajuan naik limit Anda disetujui cobalah ajukan kenaikan limit antara 10% hingga 25%.

Cara Mengajukan Kenaikan Limit Kartu Kredit

Untuk mengajukan kenaikan limit kartu, Anda perlu update data diri. Dokumen apa yang dibutuhkan? Pihak Bank membutuhkan informasi: slip gaji terbaru, KTP , NPWP, dan SPT 1770 untuk pengusaha. Setelah semua dokumen Anda siap, langkah selanjutnya  menghubungi call center bank dan kirimkan dokumen melalui form, email atau fax. Berikut ini list bank yang menyediakan formulir online untuk memperbaharui data:

Setelah Anda mengirimkan data terbaru pihak bank akan segera menghubungi Anda. Semoga saja apply kenaikan limit kartu kredit Anda disetujui.

Reply