≡ Menu

Keuntungan dan Kerugian Punya Banyak Kartu Kredit

Ada beberapa keuntungan dan kerugian jika Anda memiliki banyak kartu kredit. Beberapa keuntungannya adalah keamanan finansial, mudah memisahkan pengeluaran pribadi dan profesional, dan tingkat kredit yang lebih tinggi. Di sisi lain memiliki lebih dari satu kartu kredit dapat menyebabkan Anda terlilit utang, lebih boros dan kesulitan mengelola kartu kredit.

Keuntungan

Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda memiliki kartu kredit lebih dari satu:

  • Belanja Online

Dengan memiliki kartu kredit lebih dari satu, Anda dapat memisahkan kartu yang digunakan untuk belanja online dan offline, sehingga Anda akan lebih aman dari pencurian kartu kredit saat belanja online. Anda bisa menggunakan kartu kredit yang limitnya paling rendah khusus untuk transaksi online, kenapa? Karena jika terjadi penipuan atau pencurian kartu kredit, Anda akan tidak akan kehilangan banyak uang.

  • Reward Points

Bila Anda menggunakan kartu kredit untuk berbagai transaksi, Anda akan mendapatkan poin reward yang dapat Anda tukar dengan berbagai produk menarik. Selain itu sebagai pemegang kartu kredit, Anda akan mendapatkan banyak fasilitas dari bank penerbit seperti program diskon, cicilan, cashback, akomodasi hotel, dll. Semua fasilitas ini dapat menghemat pengeluaran Anda. Jika Anda memiliki beberapa kartu kredit, bayangkan berapa point reward dan fasilitas yang Anda dapatkan?

  • Skor Kredit Bagus

Kreditur akan mempelajari sejarah kredit Anda secara menyeluruh sebelum memutuskan memberi pinjaman. Selain itu kreditur juga akan menganalisa semua akun keuangan Anda untuk menilai skor kredit Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki beberapa kartu kredit dan membayar tagihan tepat waktu, Anda dapat memiliki rasio pemanfaatan utang rendah, yang akan meningkatkan skor kredit Anda.

  • Praktis

Bayangkan sebuah skenario di mana Anda bepergian dan makan di sebuah restoran. Ketika Anda akan membayar, kasir memberitahu Anda bahwa kartu Anda telah ditolak karena beberapa alasan. Selain itu banyak pedagang tidak menerima semua kartu, ada yang hanya menerima Visa ada juga yang hanya menerima MasterCard. Pada saat seperti itu, kartu sekunder Anda dapat menyelamatkan Anda.

  • Menyortir Pengeluaran

Dengan memiliki beberapa kartu kredit Anda dapat dengan jelas memisahkan pengeluaran pribadi dengan pengeluaran bisnis/kerja.

  • Pembukuan

Bagi kebanyakan dari kita, menyimpan catatan semua pengeluaran dan kemudian menghitungnya pada akhir bulan adalah tugas yang membosankan. Jika Anda menggunakan kartu kredit khusus untuk transaksi tertentu, masalah ini tidak akan muncul. Misalnya, Anda dapat menggunakan satu kartu kredit khsusus untuk membayar semua jenis tagihan, yang kedua untuk kebutuhan rumah tangga dan bahan makanan, dan yang ketiga untuk belanja pribadi Anda. Hal ini tidak hanya akan membantu memastikan pengeluaran, tetapi juga akan membantu menentukan anggaran dengan menetapkan limit katu kredit.

  • Kekuasaan untuk Memilih

Memiliki banyak kartu kredit memberikan Anda posisi tawar yang kuat di hadapan bank. Anda bisa memanfaatkan posisi ini untuk mendapatkan suku bunga yang lebih rendah, dengan cara mengancam memindahkan akun Anda ke bank lain. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari  kartu kredit.

Kerugian

Berikut ini beberapa kerugian yang umum terjadi bila memiliki banyak kartu kredit:

  • Pengeluaran Membengkak

Tak perlu dikatakan lagi, jika Anda memiliki beberapa kartu kredit, daya beli Anda akan meningkat. Oleh karena itu, kecuali Anda adalah seorang pembelanja yang disiplin, kemungkinan besar, Anda akan berakhir menghabiskan lebih dari yang Anda mampu.

  • Skor Kredit Buruk

Jika Anda berlebihan dalam membeli hal-hal yang tidak perlu, Anda akan berakhir dalam utang. Sebagai hasilnya rasio pemanfaatan utang Anda akan tinggi, sehingga skor kredit menjadi buruk. Oleh karena itu, Anda tidak akan dapat menuai keuntungan dari memiliki skor kredit yang baik seperti tingkat bunga yang lebih rendah, pinjaman mudah, dll.

  • Sulit Dikelola

Menjaga trek dari semua laporan kartu kredit dan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan adalah tugas yang sangat sulit. Jika Anda memiliki tagihan kartu kredit yang harus dibayar pada interval yang berbeda dalam waktu satu bulan, Anda bisa kewalahan. Akan sangat sulit bagi Anda untuk mengelola lebih dari satu kartu.

  • Biaya dan Bunga

Seperti yang Anda tahu, perusahaan kartu kredit ada biaya layanan tahunan dan bunga atas saldo. Oleh karena itu, jika Anda memiliki 6 kartu kredit, bayangkan saja berapa jumlah yang akan Anda tanggung untuk membayar biaya dan bunga kartu kredit.

{ 0 comments… add one }